Sejarah

Diskominfo

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Padang Lawas adalah salah satu Dinas Teknis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, yang menyelenggarakan kewenangan urusan pemerintah Daerah Dibidang Komunikasi dan Informatika berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan Secara legal formal, Diskominfo Kabupaten Padang Lawas dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Padang Lawas Nomor 32 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Padang Lawas

Sekalipun secara nomenklatur, pembentukan Diskominfo berdasarkan Peraturan Bupati Padang Lawas Nomor 32 Tahun 2016 ini merupakan Dinas baru, namun demikian secara operasional sebenarnya urusan pemerintahan yang terkait dengan komunikasi dan informatika sudah dilaksanakan oleh Pemeirntah Kabupaten Padang Lawas dengan nama dan level kelembagaan yang berbeda. Sebelum terbentuknya Diskominfo tahun 2017 ini, penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang Komunikasi dan Informatika diselenggarakan oleh unit kelembagaan, yaitu Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Lawas. Sejalan dengan restrukturisasi kelembagaan perangkat daerah berdasarkan Peraturan Bupati Padang Lawas Nomor 32 Tahun 2016 tersebut, maka kedua lembaga tersebut kemudian di split menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika, sehingga Dishubkominfo berubah menjadi Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan.

VISI

Mewujudkan Diskominfo Sebagai Pusat Komunikasi dan Informatika Daerah

MISI

  • Meningkatkan dan mengembangkan kemitraan, pemberdayaan dan pendayagunaan prasarana dan sarana komunikasi dan informatika;
  • Meningkatkan layanan publik dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan komunikasi dialogis
  • Meningkatkan pelayanan informasi dan pemberdayaan potensi masyarakat dalam rangka mewujudkan budaya masyarakat berbasis teknologi informas
  • Meningkatkan kerjasama, kemitraan dan pemberdayaan lembaga komunikasi dan informatika pemerintah dan masyarakat
  • Mendorong peran media massa dalam rangka meningkatkan informasi yang beretika dan bertanggungjawab
  • Meningkatkan sumber daya manusia bidang komunikasi dan informatika yang handal

Struktur

Organisasi

Tugas

dan Fungsi

Dinas Komunikasi dan Infromatika mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintah Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan.

01.

Perumusan kebijakan teknis sesuai lingkup tugasnya

02.

Penyelenggaraan urusan Pemerintah dan Pelayanan Umum sesuai dengan lingkup tugasnya

03.

Pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan lingkup tugasnya

04.

Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya