Menu

Keberatan

SOP  Keberatan atas Informasi

  1. Staf Pengagenda Surat Bagian PPID mencatat surat/formulir/email masuk dari pemohon informasi publik yang mengajukan keberatan, selanjutnya melampirkan kartu kendali dan lembar disposisi, kemudian diteruskan kepada Kepala Bagian PPID
  2. Kepala Bagian PPID memberikan disposisi penyusunan surat tanggapan atas pengajuan keberatan permohonan informasi ke Atasan PPID Utama atau Atasan PPID Pelaksana terkait dan disampaikan kembali kepada Staf Pengagenda Surat Bagian PPID untuk didistribusikan kepada Kepala Subbagian PIP
  3. Kepala Subbagian Pelayanan Informasi Publik (PIP) paling lama 4 (empat) jam kerja memberikan disposisi kepada staf Staf Penyaji Bahan Pelayanan Informasi untuk diproses lebih lanjut sesuai bidang tugasnya melalui Staf Pengagenda Surat Bagian PPID
  4. Staf Penyaji Bahan Pelayanan Informasi paling lama 4 (empat) jam kerja memproses surat untuk menyusun surat kepada Atasan PPID Utama terkait sesuai dengan disposisi Kepala Subbagian PIP
  5. Kepala Subbagian PIP paling lama 4 (empat) jam kerja melakukan pemeriksaan dan memberikan koreksi bila diperlukan atau menyetujui dan membubuhkan paraf pada konsep surat, selanjutnya disampaikan kepada Kepala Bagian PPID untuk diproses lebih lanjut
  6. Kepala Bagian PPID paling lama 4 (empat) jam kerja melakukan pemeriksaan dan memberikan koreksi bila diperlukan atau menyetujui dan membubuhkan paraf pada konsep surat. Selanjutnya konsep surat disampaikan kepada Kepala Biro melalui Kepala Subbagian TU
  7. Kepala Subbagian TU memeriksa kelengkapan hasil kerja Kepala Bagian PPID, dan selanjutnya diteruskan kepada Kepala Biro paling lama 4 (empat) jam kerja
  8. Kepala Biro melakukan pemeriksaan dan memberikan koreksi bila diperlukan atau menyetujui dan menandatangani hasil kerja Kepala Bagian PPID, dan kemudian disampaikan kepada Kepala Subag TU untuk diproses lebih lanjut
  9. Kepala Subbagian TU paling lama 4 (empat) jam kerja menyampaikan kepada staf pengagenda surat keluar untuk dicatat, dan dikirim oleh petugas caraka kepada Atasan PPID Utama dan Atasan PPID Pelaksana Unit Eselon I terkait
  10. PPID Pelaksana Unit Eselon I terkait paling lama 6 (enam) hari kerja mengirimkan jawaban pemberian tanggapan atas pengajuan keberatan pemohon informasi kepada Pusat Humas
  11. Staf Pengagenda surat masuk menerima surat tanggapan pengajuan keberatan pemohon informasi publik dari Atasan PPID Utama dan Atasan PPID Pelaksana Unit Eselon I terkait, mencatat, mengagendakan, memberikan lembar disposisi, kemudian menyerahkan kepada Karo Humas
  12. Kepala Biro Humas memberikan disposisi kepada Kepala Bagian PPID untuk menyiapkan surat jawaban kepada pemohon informasi publik yang mengajukan keberatan paling lama 4 (empat) jam kerja
  13. Kepala Bagian PPID memberikan arahan pada jawaban surat kepada Kasubbag PIP paling lama 4 (empat) jam kerja
  14. Kasubbag PIP menugaskan staf Pelayanan Informasi Publik untuk menyiapkan surat kepada pemohon informasi publik paling lama 4 (empat) jam kerja
  15. Staf Pelayananan Informasi Publik paling lama 4 (empat) jam kerja menyiapkan surat jawaban penjelasan, kemudian diserahkan kepada Kasubbag PIP
  16. Kasubbag PIP paling lama 4 (empat) jam kerja mengoreksi atau mengetahui dan membubuhkan paraf untuk diteruskan kepada Kepala Bagian PPID
  17. Kepala Bagian PPID memeriksa, mengoreksi, dan/atau menyetujui lalu memberikan paraf untuk diteruskan kepada Karo Humas paling lama 4 (empat) jam kerja
  18. Karo Humas memeriksa, mengoreksi, atau menyetujui dan menandatangani konsep surat penjelasan pemenuhan permohonan informasi kepada pemohon paling lama 4 (empat) jam kerja, selanjutnya diserahkan kepada staf pengagenda surat keluar
  19. Staf pengagenda surat keluar memberikan nomor, tanggal surat, memberi cap, dan mencatat pada agenda surat keluar, kemudian mendistribusikan kepada pemohon informasi publik yang mengajukan keberatan melalui pengiriman pelayanan informasi bahwa surat penjelasan pemenuhan permohonan informasi telah didistribusikan untuk dimonitor.