Menu

Desa Siali – Ali Kembangkan Budidaya Sayur dan Buah Lokal Untuk Menunjang Basis Ekonomi Tambahan


Salah satu Desa di Kecamatan Lubuk Barumun,
Kabupaten Padang Lawas (Palas) dinilai desa berpotensi produktif pengembangan tanaman sayur mayur, buah – buahan lokal. Pj Kepala Desa Siali – ali, Ali Akbar Sadli Dalimunthe, S.STP., mengatakan, pengembangan tanaman pertanian seperti sayur mayur dan buah – buahan didesa ini aktif dibudidayakan warga setempat sebagai basis ekonomi tambahan masyarakat untuk kesejahteraan.

Dalam menjalankan program di sektor pertanian, kata Ali yang juga Kasubag Bantuan Hukum dan Ham di Setdakab Palas, warga setempat mengandalkan sumber dana dari swadaya warga secara bersama membangun lokasi pertanian untuk menjadi kawasan produksi sayur mayur dan buah – buahan secara berkesinambungan untuk sumber ekonomi. “Selain itu warga juga dibantu Pemerintah dalam penyediaan bibit tanaman yang dibutuhkan melalui kelompok tani,” terang Ali Akbar, Sabtu (15/6).

Ditanya untuk jenis tanaman sayuran dan buah – buahan apa saja yang dibudidayakan di desa Siali – ali ini. Pj Kades Siali – ali menjelaskan, berbagai macam sayur lokal dan buah – buahan lokal seperti semangka dan lainnya. “Para petani melalui kelompok tani di desa ini bercocok tanaman semua jenis sayur seperti cabai, terong, sawi, Varia, gambas, kangkung, bayam, pepaya, semangka, pisang dan jenis lainnya,” bebernya. Hasil panen sayur mayur dan buah – buahan lokal hasil produksi petani dari desa siali – ali, dijual di pasar dan ada juga yang dikonsumsi warga sekitar untuk kebutuhan sehari – hari, pungkasnya.

  
Keterangan fhoto: Sejumlah jenis sayur mayur dan buah – buahan dikembangkan warga desa siali-ali untuk mewujudkan kawasan desa produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *