Membentuk Karakter Siswa Lewat Pesantren Kilat

Sekolah dituntut tidak semata mengedepankan aspek akademis dalam pembelajaran,
tetapi juga memerhatikan aspek akhlak dan moral.
Bulan suci Ramadhan menjadi momentum penting di SMK Negeri Libuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) sebagai wahana pendidikan pembentukan karakter akhlak dan moral di lingkungan sekolah bagi pelajar. Pesantren kilat Ramadhan sebagai bagian dari pembelajaran akhlak, moral, dan agama yang integratif disekolah tersebut.

Di SMK Negeri Lubuk Barumun, pesantren kilat diisi dengan kegiatan religi dan ceramah yang menekankan peningkatan iman dan takwa di kalangan siswa. Kegiatan ini diikuti 54 siswa. Kegiatan pesantren kilat selama empat hari mulai 25 – 28 Mei 2019 sebagai bahagian dari kegiatan mengasah akhlak dan moral disekolah. “Sebetulnya kegiatan menjadi bagian dari transfer ilmu untuk memahami tentang akhlak, tauhid, akidah, ibadah, sejarah Islam, dan evaluasi praktik selama kegiatan,” ujar Kepala Sekolah SMK Negeri Lubuk Barumun Bidarlis Nur Rangkuti, S.T., Sabtu (25/5) malam.

Dikatakan, didalam kegiatan ini tidak hanya akhlak yang dibahas, melainkan juga persoalan remaja hingga pendidikan. Sebagai upaya pendekatan siswa tidak hanya sekadar berorientasi studi. “Pintar memang penting, tetapi karakter akhlak dan moral serta ilmu agama juga lebih penting untuk pembentukan karakter yang baik,” jelas Bidarlis. Kata dia pembentukan karakter jauh lebih penting untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap orang lain.

Menurut Bidarlis pendidikan di sekolah tidak hanya menekankan aspek akademis saja tetapi pembangunan karakter (character building) bagian dari aspek akademis dan kompetensi. “Secara umum sekolah lebih menekankan competence building saja, bukan character building sehingga hal ini harus direorientasi disekolah agar generasi ke depan punya akhlak dan moral baik,” tandasnya.

Kepala Sekolah Bidarlis Nur Rangkuti, S.T. bersama Ketum HMI Persiapan Palas Aminuddin Nasution memberikan wejangan kepada peserta pesantren kilat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts