Tim Akreditasi Kemenkes RI Kunjungi Puskesmas Tanjung Botung

Tim Surveyor Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi menugaskan tiga orang tim Surveior ke Kabupaten Padang Lawas (Palas).

kunjung Tim ke Puskesmas Tanjung Botung, Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) dalam rangka pelaksanaan tugas survey untuk akreditasi puskesmas Kunjungan Tim Surveior Akreditasi yang diketuai Camelia, S.Si .Apt. Surveior bidang UKM asal Palembang  dan anggota dr.Hilda Chandra, MKM. Surveior bidang UKP, asal Banda Aceh  dan Muhammad Ridwan, SKM., M.Kes, Surveior bidang Administrasi Manajamen asal dari Pekan Baru   akan melaksanakan proses  tugas Akreditasi selama tiga hari, dimulai Kamis sampai Sabtu (24/11 )untuk melaksanakan survei penilaian akreditasi Puskesmas Tanjung Botung yang ke 11 untuk Kabupaten Palas.

Kahadiran Tim Surveior  disambut Wakil Bupati  Palas H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C., Ht., MM., M.Si. didampingi Plt.Asisten II H. Panguhum Nasution, Kepala Dinas Kesehatan diwakili Sekretaris dr. Ummi Sahara Matondang dan Kepala Puskesmas Tanjung Botung  serta Pokja serta sejumlah Pimpinan OPD Pemkab Palss Rabu (21/11 )malam di aula Hotel Grandika Sibuhuan. Ketua Tim Akreditasi  Camelia  mengatakan,tugas tim melihat langsung keadaan puskesmas secara nyata. Ada tiga hal yang kita  survei. Pertama, administrasi dan manajemen.

Kedua, upaya kesehatan masyarakat perorangan dan lintas-sektoral dalam upaya peningkatan mutu kesehatan serta ketiga menyangkut pelayanan puskesmas. “Akreditasi ini dalam upaya menuju pelayanan berkualitas, perlindungan kepada pasien, payung hukum kepada petugas yang memberikan pelayanan, karena telah bekerja sesuai standar operasional,” jelasnya, Dengan demikian Camelia menegaskan, tidak akan terjadi malpraktik. Jadi, tujuan utama akreditasi puskesmas adalah agar masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan dengan prima. “Begitu pula petugas kesehatan bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan payung hukum sesuai SOP,” katanya.

Sementara Wabup Palas H. Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam sambuatanya mengharapkan, semua puskesmas di Palas nantinya bisa terakreditasi. Dengan terakreditasinya puskesmas di Kabupaten Palas  maka pelayanan kesehatan semakin meningkat. “Survei akreditasi yang ke 11 dilakukan Tim komisi FKTP di Kabupaten Palas adalah  Puskesmas Tanjung Botung, sebelumnya  Puskesmas Sosopan dan telah 9  Puskesmas lainnya  telah lulus Akreditasi ,” terang Wabup Kita berharap, kata Wabup, Tim  Komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI,  bisa memberikan penialian yang terbaik kepada puskesmas yang akan di kunjungi. Peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas, lanjut Wabup, perlu terus ditingkatkan  kualitas mutu dan kinerja dan pengembangan sistem manajemen dan mutu perbaikan kinerja secara komprehensip dan berkesinambungan menuju pelayanan prima, ungkapnya.

“Untuk melihat sejauh mana kwalitas pelayanan kesehatan di Puskesmas, maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar baku yang telah ditetapkan melalui mekanisme akreditasi sesuai  hasil survei oleh tim akreditasi,” ujarnya Kepala Dinas Kesehatan Palas diwakili Sekretaris dr.Ummi Sahara Matondang  mengatakan, tujuan akreditasi untuk meningkatkan mutu layanan Puskesmas, memacu standar pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat merupakan implikasi dari fungsi sebagai pelayan masyarakat.

Dia melanjutkan, dengan adanya penilaian akreditasi ini, tentu mutu pelayanan puskesmas akan lebih meningkat dan memenuhui standar dr.Ummi menambahkan, dengan akreditasi dapat terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat secara berkesinambungan serta sistim informasi yang handal dan terwujudnya sumber daya manusia yang profesional, tandasnya  Melalui kegiatan penilaian akreditasi ini. tambah Ummi, semoga proses penilaian dapat berjalan dengan baik dan lancar, harapnya sembari mengucapkan terima.kasih atas dukungan lintas sektor pemerintah kecamatan dan lintas terkait lainnya.
Keterangan Photo :Wabup Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt., MM., M.Si bersama Plt Asisten II .H.Panguhum Nasution bersama Tim Surveior Akreditasi Puskesmas Kemenkes RI, didampingi  Sekretaris dr.Ummi Sahara Matondang diabadikan bersama Kepala Puskesmas dan Pokja Tanjung Botung, usai penyambutan.

 

Editor Diskominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts